Shalat Tahajjud

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum :)

Shalat Tahajjud adalah sholat malam atau disebut juga (Sholatul lail) karena waktu yang melaksanakan sholat ini pada malam hari dimana semua orang sedang tidur lelap, mengenai waktu yang tepat ada banyak pendapat, ada menyebut tahajjud bisa dilaksanakan setelah waktu isya’ namun dari banyak pendapat hampir semua sepakat waktu yang paling utama dikerjakan akhir sepertiga malam dan dilakukan setelah tidur atau sekitar jam 1 sampai masuk waktu shubuh.

Perhitungan waktu sepertiga malam :
Pertama : Kira-kira pukul 19.00 s/d pukul 22.00
Kedua : Kira-kira pukul 22.00 s/d pukul 01.00
Ketiga : Kira-kira pukul 01.00 s/d masuk waktu shubuh

Sholat sunnah Tahajjud merupakan sholat yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW sepanjang hidupnya, mengingat keutamaan yang sangat besar dalam sholat malam ini dan dianjurkan oleh Allah dalam Alqur’an :

”Wa minal laili fatahajjad bihi naafilatan laka `asaa an yab`atsaka rabbuka maqaaman mahmuudan” (QS : Al-Isro’ : 79)
Artinya: Dan pada sebagian malam, sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji Kedudukan.

Tahajjud sangat tinggi dimata Allah dan diperintahkan langsung oleh Allah lewat ayat tersebut kepada nabi Muhammad sebelum perintah shalat 5 waktu turun. Shalat sunnat tahajjud yang paling utama daripada sholat-sholat sunnat yang lain. Bersabda Nabi Muhammad SAW : “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Tahujjud 

Melaksanakan shalat tahajjud sama dengan melaksanakan sholat dhuha atau shalat sunnat lainnya hanya saja yang membedekan adalah waktu pelaksanaan dan niat yang diucapkan dalam hati. Berikut Niat Sholat Thajjud :

Ushollii sunnatan tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah” (Di ucapkan didalam hati berbarengan saat mulut mengucapkan ‘Allahu Akbar’ pada saat takbiratul ihram)

Bacaan Sholat Thajjud :

1. Niat (Takbiratul Ihram) seperti disebutkan diatas
2. Lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnat biasa.

Jumlah raka’at dalam tahajjud 2 raka’at lalu salam bisa dan jumlahnya tidak terbatas, sesuai kemampuan lalu ditutup dengan sholat witir 3 raka’at. Tidak ada do’a khusus yang harus dibaca setelah tahajjud, bisa berdo’a apa saja yang bisa dalam bahasa arab bisa berdo’a dengan bahasa Indonesia, jawa atau bahasa lainya, Namun Rasulullah setelah bertahajjud membaca doa seperti berikut ini:

do'a tahajjud

Artinya :

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Keutamaan Sholat Tahajjud 

Jika shalat tahajjud dikerjakan dengan penuh keimanan dan dilaksanakan secara khusu’ semata mata karena Allah SWT, berdasarkan hadits nabi : Maka bagi mereka akan mendapatkan keutamaan berupa 5 macam kemuliaan dunia dan 4 macam kemuliaan Akhirat.

Berikut 5 keutamaan Dunia:

1. Allah akan memelihara dari segala bencana dan bala (bala)
2. Wajahnya akan tampak bersinar sebagai tanda ketaatanya
3. Akan dicintai manusia dan hamba allah
4. Lidahnya memiliki kemampuan mengucapkan kata yang mengandung hikmah
5. Akan diberi kelebihan menjadi orang yang bijaksana yaitu diberikan pemahaman tentang ilmu agama

Berikut 4 keutamaan Akhirat:

1. Wajahnya akan tampak berseri saat bangkit dari alam kubur pada hari pembalasan nanti
2. Akan memperoleh keringanan waktu dihisab
3. Saat menyeberang shirotol mustaqim dapat melakukan dengan cepat secepat kilat (halilintar)
4. Semua catatan amal perbuatannya di dunia akan diberikan ditangan kanannya.

Mengenai keutamaan Tahajjud ini banyak sekali dan di sebutkan dalam banyak hadits misalnya, barang siapa yang melaksanakan shalat tahajjud sepertiga malam dimana setiap sepertiga malam Allah SWT turun ke langit dunia, Barang siapa yang berdoa meminta kepada Allah dengan penuh kesungguhan Allah akan mengabulkan semua do’anya.

Sumber : Statusmu Dakwahmu

——————————————————–
About these ads