بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Puasa menurut syariat artinya menahan diri dari makan & minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam, dan dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketaqwaan seorang muslim. Banyak sekali keutamaan puasa di bulan ramadhan, dan berikut lima keutamaan diantara beberapa keutamaan puasa di bulan ramadhan.

1. Puasa sudah diwajibkan atas umat sebelum kita.

Allah S.W.T. berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqoroh : 183). Jika puasa bukan sebuah amalan yang agung, maka tidak mungkin puasa juga diwajibkan atas ummat-ummat sebelum kita. Walaupun puasa mereka berbeda dengan puasa kita, artinya bukan pada bulan ramadhan yang diwajibkan atas mereka, akan tetapi amalan puasa itu tersendiri telah diwajibkan atas mereka yang menandakan bahwa amalan ini sangatlah agung.

2. Amalan puasa memberi syafaat kepada orang yang mengamalkannya.

Rasulullah S.A.W.  bersabda: “Puasa dan Al-Qur’an memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Robb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat maka berikanlah syafaat. Al-Qur’an berkata: Wahai Robb, aku telah menahannya dari tidur dimalam hari maka berilah syafaat. Rasulullah berkata: maka keduanya memberi syafaat.” (HR Ahmad, Ath-Thabrany dan Al-Hakim).

3. Pahala puasa tidak terikat dengan jumlah tertentu.

Rasulullah S.A.W. bersabda: “Semua amalan anak Adam untuknya dan dilipat gandakan setiap satu kebaikan (dianggap) sepuluh kali kebaikan tersebut dan dilipat gandakan menjadi 700 kali. Allah berfirman: Kecuali puasa, karena amalan itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya (disebabkan) meninggalkan sahwatnya dan makanannya demi Aku.” (HR Muslim).

4. Berpuasa adalah media diampuninya dosa-dosa & kesalahan.

Rasulullah S.A.W. bersabda: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan pengharapan (pahala), diampuni dosa-dosa yang telah lampau.” (Muttafaq ‘Alaihi). Jika seseorang telah yakin dan ridho akan kewajibannya berpuasa serta tidak benci atas kewajiban puasa ramadhan, yakin terhadap pahala dan ganjaran yang akan didapat maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.

5. Dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa.

Kebahagiaan yang pertama yaitu ketika berbuka puasa setelah menahan nafsu, lapar, dan dahaga selama sehari penuh. Dan kebahagiaan yang kedua yaitu ketika menjumpai Allah S.W.T. di akhirat dan dimasukkan ke dalam surga-Nya. Rasulullah S.A.W. bersabda: “Untuk orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa, dan kebahagiaan ketika menemui Tuhannya.” (Muttafaq ‘Alaihi).

5 Keutamaan Puasa di Bulan RamadhanMungkin hanya 5 keutamaan puasa yang bisa Saya berikan untuk sobat semua. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa🙂

Sumber : http://uniqpost.com/20456/5-keutamaan-puasa-di-bulan-ramadhan/

——————————————————–

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂😉😀

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !