tidur siang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Banyak orang yang tidak bisa menyempatkan diri untuk tidur siang. Alasan klasiknya adalah karena tuntutan pekerjaan yang tidak memungkinkan mereka untuk sejenak terlelap. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya dibanding tidur malam. Dan tidur ini tidak perlu waktu lama untuk melakukan. Cukup minimal 10 menit terlelap, itu sudah cukup buat seseorang. Artinya, Anda bisa meluangkan 10 menit dari satu jam waktu istirahat kala bekerja siang hari untuk sejenak tidur.

Berikut manfaatnya:

1. Tidur siang meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan belajar

Singkatnya tidur siang membuat gerakan mata terjadi lebih cepat. Hal ini sering dikaitkan dengan proses kognitif di otak. Tidur siang turut menurunkan stres dan membuat aktivitas otak bekerja lebih baik sepanjang hari.

2. Tidur siang akan meningkatkan proses kreativitas

Sebuah studi yang dirilis Health.com menyebutkan, ada peningkatan kinerja otak sebelah kanan pada orang-orang yang tidur siang. Bagian otak ini banyak mengatur tentang kreativitas. Demikian juga pada orang yang tidur siang, lebih mudah bagi mereka menyelesaikan masalah dengan peningkatan kreativitas tersebut.

3. Meningkatkan produktivitas

Kala siang hari tiba, biasanya menjadi waktu yang membuat badan malas dan produktivitas menurun. Dengan tidur siang beberapa saat, dapat menyegarkan kembali semangat bekerja Anda dibandingkan harus melakukan doping melalui secangkir kopi.

4. Memperbaiki dan mencegah mood buruk

Rasa mengantuk dan kelelahan di siang hari bisa membuat mood Anda menjadi buruk. Misalnya mudah marah, tersinggung, membentak, dan sebagainya. Tidur siang dapat menyingkirkan itu semua.

5. Menyingkirkan ketegangan pikiran dalam 10 menit

Boleh percaya atau tidak, hanya dengan benar-benar terlelap selama minimal 10 menit, mampu melawan stres yang Anda alami. Menurut studi dari National Sleep Foundation, inilah waktu tersingkat untuk tidur siang yang bermanfaat untuk merelaksasi pikiran seseorang.

6. Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi

Orang yang mengantuk biasanya akan menurun kemampuannya untuk waspada dan fokus terhadap sesuatu. Dengan tidur siang 10 menit, cukup untuk mengembalikan kewaspadaan.

Penelitian Tentang Tidur Siang

Sebuah penelitian baru menjelaskan bahwa tidur siang di kantor sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat mengurangi stress dan detak jantung yang berlebihan, sehingga membuat kerja terhambat. Jadi tidur siang memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan produktivitas dan mengurangi tingkat kematian.

Dr. Trichopoulos berkomentar, “Saya menyarankan jika memungkinkan lakukanlah tidur siang. Jika Anda mempunyai sofa di kantor, manfaatkanlah.”

Setelah mengetahui hasil penelitian itu, kini beberapa perusahaan mengizinkan pekerja dan karyawan untuk tidur siang, karena dianggap dapat meningkatkan produktivitas. Bahkan ada yang membuat ruangan khusus untuk tidur siang sebagai bagian dari program kesehatan karyawan. Banyak karyawan yang silih berganti masuk ke dalam ruangan itu untuk tidur selama setengah jam. Ini dilakukan karena adanya anjuran dokter bahwa tidur siang dapat mengurangi stress dan membantu mempertahankan energi seharian penuh.

Terkait dengan tidur siang, Rasulullah SAW. bersabda, “Tidur sianglah, karena setan tidak tidur siang.” (H.R. Thabrani). Menurut Al-Jauhari, tidur siang itu adalah tidur sebentar di tengah hari (menjelang shalat Zhuhur). Selain itu, menurut Rasulullah SAW., tidur siang juga bermanfaat agar dapat melakukan sholat Tahajud, berdzikir, atau untuk belajar di malam hari.

Sungguh luar biasa, petunjuk Nabi Muhammad SAW., baru terkuak oleh para peneliti, setelah berlalu 1400 tahun lebih.

——————————————————–

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂😉😀

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !