penderita diabetes

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Diabetes menjadi penyakit yang sering menjadi momok bagi orang awam. Mereka menganggap penyakit ini akhir segalanya, bahkan menghambat aktivitas. Namun jika mengetahui tips dan trik, penderita diabetes dapat menjalani hidup normal. Kuncinya, asupan kalori tepat.

Ahli gizi Rumah Sakit Telogorejo Rena Paulina menjelaskan, makanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap munculnya diabetes. “Selain faktor keturunan, pola makanlah yang menjadi penyebabnya. Memakan makanan yang berkalori tinggi lalu jarang beraktivitas, akan memperbesar peluang munculnya diabetes. Jadi bukan karena sering mengkonsumsi makanan manis,” terang Rena.

Dijelaskannya, diabetes merupakan kondisi menurunnya fungsi pankreas. Ini berpengaruh pada kinerja hormon insulin yang menurun. Agar organ dalam tubuh dapat menjalankan tugasnya, pola makan harus diatur. Rena mempunyai konsep 3j, yaitu jenis, jadwal, dan jumlah. Konsep ini diterapkan terutama kepada mereka, baik yang masih berstatus menyandang ataupun sudah mengalami komplikasi.

“Saat ini banyak usia muda, seperti 20 tahun sudah menyandang diabetes. Ini adalah akibat pola makan yang tidak teratur, artinya mereka asal makan tanpa memerhatikan kebutuhan nutrisi. Dengan konsep 3j para penyandang diabetes akan lebih terkontrol, baik nutrisinya maupun kadar gulanya,” terang Rena.

——————————————————–

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂😉😀

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !