wajah berjerawat

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Apa itu jerawat ?

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat bisa saja terjadi di area wajah, leher, lengan maupun punggung. Hampir semua orang pernah mengalami jerawat di perjalanan hidupnya.

Apa penyebab jerawat bisa muncul ?

Banyak faktor yang menimbulkan munculnya jerawat, diantaranya adalah:

– Memang benar bahwa kulit yang kotor bisa memicu jerawat, akan tetapi bisa juga diakibatkan oleh faktor dalam tubuh. Hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri adalah penyebab jerawat yang paling umum.

– Penyumbatan pori akibat pemakaian kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation

– Gaya hidup stress dan kurang tidur malam hari bisa memicu produksi hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat di wajah, leher, lengan ataupun punggung kita. Selanjutnya untuk mengatasinya tentu saja tak bisa dengan mengoleskan obat tertentu saja ke bagian kulit yang terkena jerawat. Cara menghilangkan jerawat harus dilakukan dari dalam dan dari luar tubuh.

Cara menghilangkan jerawat dari dalam :

1. Perbanyak minum air putih sesuai anjuran dokter.
2. Makan makanan sehat seperti buah dan sayuran.
3. Istirahat yang cukup di malam hari dan hindari stress untuk menekan produksi kortisol yang secara tidak langsung bisa memicu timbulnya jerawat.
4. Minum obat jerawat sesuai resep dari dokter.
5. Hindari mengonsumsi yang mengandung kafein seperti teh, coklat, kopi serta makanan berminyak.

Cara menghilangkan jerawat dari luar :

1. Melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami misalnya lidah buaya, ambil lidah buaya bersihkan dan kupas kulitnya. Ambil gel lidah buaya dan ratakan ke wajah lalu biarkan beberapa menit sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut bersih dengan cara ditepuk-tepuk.

2. Dengan putih telur,usapkan putih telur pada wajah yang berjerawat, tunggu beberapa menit sampai mengering. selanjutnya bersihkan dengan air yang bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Cara mencegah jerawat muncul :

1. Rajin berolahraga.
2. Minum air secukupnya sesuai anjuran dokter, tak perlu berlebihan.
3. Makan sayur dan buah untuk melancarkan BAB.
4. Cukup istirahat dan menjauhi stress.
5. Rutin mencuci handuk, bantal dan sprei biar selalu bersih.
6. Jangan memencet jerawat karena nanti bisa bertambah parah dan menyebar.
7. Hindari makan yang berkafein, berminay, serta sugary food.
8. Cuci muka 2 hari sekali dengan sabun pencuci muka untuk mengurangi kelebihan minyak.
9. Facial wajah rutin 2 minggu atau sebulan sekali.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba serta info mengenai penyebab datangnya jerawat. Lakukan dan praktekan dalam kehidupan sehari-hari Anda, untuk mendapatkan hasil yang terbaik pada wajah Anda.

——————————————————–

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂😉😀

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !