Tips Sehat ala Rasulullah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, rupanya tanpa kita sadari, tak boleh sembarangan. Inilah faktor penyebab terjadinya berbagai penyakit antara lain penyakit kencing manis, lumpuh, sakit jantung, keracunan makanan dan sebagainya. Apabila Anda telah mengetahui ilmu ini, tolong bagikan pada yang lainnya. Agar tips sehat ala Nabi Muhammad ini bermanfaat untuk semua.

Ini adalah cara diet Rasullulah SAW. Seorang Ustaz Abdullah Mahmood mengungkapkan, Rasullulah tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah jika Anda ikut diet Rasullullah ini, Anda takkan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan. Ini detailnya :

* Jangan makan SUSU bersama DAGING.
* Jangan makan DAGING bersama IKAN.
* Jangan makan IKAN bersama SUSU.
* Jangan makan AYAM bersama SUSU.
* Jangan makan IKAN bersama TELUR.
* Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD.
* Jangan makan SUSU bersama CUKA.
* Jangan makan BUAH bersama SUSU. Contoh: Koktail.

Aturan dan Cara Makan

1. Jangan makan buah sesudah makan nasi, sebaliknya makanlah buah terlebih dahulu, tunggu beberapa menit kemudian baru dilanjutkan dengan makan nasi.
2. Tidur siang minimal 15 menit sesudah makan. Dengan syarat agar kita bisa bangun untuk sholat malam.
3. Jangan sesekali tinggal makan malam. Barang siapa yang tidak makan makan malam, dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda.

Memang sulit mengamalkannya, tapi jika Anda tidak percaya, cobalah. Pengaruhnya tidak dalam jangka pendek atau tidak dalam waktu singkat. Cara makan ini Akan berpengaruh bila kita sudah tua nanti. Dalam kitab juga melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama ayam. Karena akan sangat mudah mendatangkan penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus.

Tips hidup sehat ala Rasulullah, sebagai berikut:

1. Selalu bangun sebelum Shubuh.

Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat fardhu (sholat subuh berjamaah).

Hal ini memberi hikmah yang mendalam antara lain:
– Berlimpah pahala dari Allah.
– Kesegaran udara subuh yg bagus bagi kesehatan /terapi penyakit Tuberculosis.
– Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

2. Aktif menjaga kebersihan.

Rasul selalu senantiasa rapi & bersih, tiap hari Kamis atau Jum’at beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. “Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang-orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman”. (HR. Muslim)

3. Tidak makan berlebihan.

Sabda Rasul : “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)”.(Muttafaq Alaih)

Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda :

Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan.

4. Gemar berjalan kaki.

Rasul selalu berjalan kaki ke Masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir,pori-pori terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

5. Tidak pemarah.

Nasihat Rasulullah : “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.

Ada terapi yang tepat untuk menahan marah :

– Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring.
– Membaca Ta ‘awwudz, karena marah itu dari Syaithon.
– Segeralah berwudhu.
– Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati.

6. Optimis dan tidak putus asa.

Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah SWT.

7. Tidak iri hati.

Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.

Ya Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat sifat mazmumah (Tercela) dan hiasilah diriku dengan sifat sifat mahmudah ( Terpuji ), Aaamiin.

Sumber : http://suryachandragobel.blogspot.com/2013/01/tips-sehat-ala-nabi-muhammad-saw.html

——————————————————–

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂😉😀

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !