بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum🙂

Di kutip dari  Kitab As-Sunnah
Penulis : Mufti E.M.H. Salejee
Posting by : Ahmad Syukri Bin Aguslis Zakaria

Apabila datang bulan Rajab, Rasulullah SAW., biasa mengucapkan doa berikut ini:

Doa Menyambut bulan Rajab

“Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhan.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”

Fadhilah-fadhilah di bulan Rajab:

  1. Pada bulan  inilah terjadi peristiwa Isra’ dan Mi’raj, dan Nabi SAW., diberi hadiah shalat.
  2. Rasulullah SAW., bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu pada bulan Haram, maka Allah mencatat baginya ibadah dua tahun. ”(HR. Thabrani)
  3. Rasulullah SAW., bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa satu hari pada bulan Rajab, maka ia seperti berpuasa (selama) satu tahun, dan barangsiapa berpuasa selama tujuh hari, maka ditutup baginya tujuh pintu neraka Jahannam; dan barangsiapa berpuasa delapan hari, maka dibukakan baginya delapan pintu syurga; dan barangsiapa berpuasa sepuluh hari, maka tidak lah ia meminta kepada Allah kecuali pasti Allah akan mengabulkannya; dan barang siapa berpuasa lima belas hari, maka para malaikat akan menyeru dari langit, ‘Telah diampuni dosa-dosamu yang terdahulu, maka mulailah dengan amalan-amalan. Dan kesalahan-kesalahanmu telah digantikan dengan kebaikan.’ Dan barang siapa menambah jumlah puasanya maka Allah akan menambah pula pahalanya.”
  4. Abu Qilabah R.A. Berkata, “Di dalam syurga terdapat sebuah istana yang disediakan khusus bagi orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab.”
  5. Rasulullah SAW., bersabda, “Di dalam bulan Rajab ada satu hari dan satu malam yang barangsiapa berpuasa pada hari itu dan shalat malam pada malam itu, maka ia bagaikan berpuasa seratus tahun dan shalat malam seratus tahun. Hari itu ialah tiga hari terakhir di bulan Rajab.”
  6. Dari Anas R.A., marfu’ kepada Nabi SAW., “Di dalam bulan Rajab terdapat satu malam yang barang siapa beramal pada malam itu, maka akan dituliskan baginya amal kebaikan seratus tahun. Malam tersebut ialah tiga hari yang terakhir. Barangsiapa shalat pada malam tersebut sebanyak dua rakaat, dan pada setiap rakaatnya ia membaca surah Al-Fatihah dan salah satu surah dalam Al-Qur’an, kemudian bertasyahud pada setiap dua rakaat, kemudian membaca:
  • ‘Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar’ (100 kali)
  • ‘Astaqfirullahal’azim’ (100 kali)
  • ‘Allahummasalli’ala Saiyidina Muhammad’ (100 kali)

Dan ia berdoa untuk dirinya baik dalam urusan duniawi maupun ukhrawi, kemudian berpuasa pada pagi harinya, maka Allah SWT.,  akan mengabulkan doanya, kecuali doa untuk kemaksiatan.” (HR. Baihaqi)

  1. Dari Anas R.A., “Yang di istimewakan oleh Allah dari bulan-bulan (yang lain) adalah bulan Rajab, ia adalah bulan Allah. Barangsiapa yang mengagungkan bulan Rajab, berarti ia telah mengagungkan perkara yang berhubungan dengan Allah, dan barangsiapa yang mengagungkan Allah, maka Allah akan memasukkannya kedalam syurga dan diwajibkan baginya ridha-Nya yang Agung.” (HR. Baihaqi)
  2. Dari Ibnu Abbas R.A., “Sesungguhnya Rasulullah SAW., melarang berpuasa pada bulan Rajab sebulan penuh.” (HR. Ibnu Majah)

Keterangan :

Ada yang berpendapat bahwa jika Rasulullah (pada poin nomor 8) tidak melarang dan kita umatnya mengamalkan berpuasa sebulan penuh di bulan Rajab (bulan Allah), maka nantinya akan turun wahyu dari Allah bahwa puasa rajjab akan di wajibkan seperti halnya puasa dibulan Ramadhan. Dan itu merupakan hal yang ditakutkan oleh Rasulullah, menimbang ummatnya harus berpuasa sebulan penuh pada 2 bulan berikutnya, yaitu bulan Ramadhan. Begitu besar pengorbanan dan kasih sayang Nabi kita Muhammad SAW kepada ummatnya, Beliau memperjuangkan ini sama dengan halnya ketika beliau menerima ibadah shalat pada masa itu dari jumlah 50 waktu menjadi 5 waktu seperti yang kita laksanakan pada saat sekarang ini.

—————————————————————————————————-

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat🙂

Wassalam🙂

empat lima empat blog

Baca juga artikel terbaru di bawah ini !